Astaga..., Kabut Asap Mulai Selimuti Kota Buntok | BarselNews
Kabut asap mulai selimuti kota Buntok

Astaga…, Kabut Asap Mulai Selimuti Kota Buntok

BARSELNEWS, Buntok – Kabut asap mulai selimuti sebagian wilayah kota Buntok Barito Selatan dan sekitarnya. Pantauan BarselNews sejak tiga hari terakhir kabut asap mulai terlihat.

“Sejak 3 hari ini sudah kota Buntok dan sekitarnya mulai diselimuti kabut asap tipis,” kata salah satu warga Buntok, Heris kepada Borneonews. Selasa (2/10/2018).

Ia mengatakan, meski kabut asap saat ini belum mengganggu aktivitas , namun tetap harus waspada. Karena kabut asap ini juga sudah membuat perih mata dan juga berbahaya bagi kesehatan seperti penyakit ispeksi saluran pernapasan atau (Ispa).

Sementara kepala BPBD Barsel, Riyanta mengatakan, kabut asap ini diduga berasal dari kebakaran diwilayah Sungai jaya dan kiriman dari daerah Kapuas.

“Kabut asap ini kita duga berasal dari kebakaran di Sei Jaya wilayah Barsel dan dari daerah Mantangai Kapuas,” kata Riyanta.
Untuk kebakaran didaerah Dusun Hilir Sei Jaya, lanjut dia, namun sudah diantisipasi oleh Posdalog provinsi dengan waterbooming sudah tiga hari ini.

Menurutnya, untuk daerah kecamatan Dusun Selatan sampai hari ini tidak ada kebakaran hutan dan lahan.

Pihaknya pun tidak jemu-jemu mengimbau kepada masyarakat selalu waspada. Jika melakukan pembakaran harus disekat dan ditunggui agar tidak menyebabkan kebakaran lebih luas lagi. (UR/A2).




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *