Pulut Penangkap Burung Khas Dayak Maanyan Di Barito Selatan Dan Barito Timur | BarselNews
Pulut Alat menangkap Burung khas dayak maanyan

Pulut Penangkap Burung Khas Dayak Maanyan Di Barito Selatan Dan Barito Timur

Barselnews, Buntok – Pulut salah satu alat penangkap burung khas dayak maanyan di Kabupaten Barito Selatan dan Barito Timur.

Dalam bahasa Maanyan menangkap burung menggunakan pulut disebut Ne’en.

Adapun bahan dasar untuk membuat pulut, sangat sederhana hanya bambu dan getah karet atau hasil sadapan karet.
Cara membuatnya pun sangat mudah, pertama-tama memotong bambu hingga menjadi seperti tabung.

Kemudian cari bambu yang sudah tua lalu dihaluskan atau diraut seperti lidi dan terakhir getah karet dicampur t minyak tanah sedikit direbus tanpa air sampai encer dan berwarna hitam pekat.

Setelah itu, masukan getah yang telah dimasak kedalam bumbung bambu beserta dengan bilah bambu yang telah dihaluskan seperti lidi.

Setelah itu aduk getah tersebut dengan bilah bambu yang dihaluskan, hingga getahnya menempel.

Sebenarnya, Pulut bisa dibuat dengan berbagai ukuran baik untuk menangkap burung besar maupun kecil. Tergantung ukuran tabung bambu dan bilah yang dihaluskan.

Namun pada umumnya tabung pulut yang sering digunakan hanya sebesar pergelangan tangan.

Pada zaman dahulu pulut alat yang sangat diminati oleh warga untuk menangkap burung baik di pohon nunuk (Pohon Beringin) atau buah musiman makanan burung maupun ditempat permandian burung.

Cara menangkap burung menggunakan pulut yakni pertama-tama dilakukan memasang bilah bambu didekat buah nunuk dengan menancapkan ujungnya yang dilancipkan.

Apabila burung turun memakan buah didekat bilah tersebut maka sayapnya akan kena getah dibilah itu, akibatnya burung tersebut jatuh karena tidak bisa terbang dikarenakan lengket.

Menggunakan pulut hanya bisa dipasang dipohon nunuk, buah musiman dan dipermandian burung. Sebab jika memasang tidak didaerah tersebut dipastikan tidak mendapatkan burung. (UR/A2).




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *