Distan dan Kelompok Tani Pulpis Tandatangani Fakta Integritas | BarselNews

Distan dan Kelompok Tani Pulpis Tandatangani Fakta Integritas

Barselnews, Pulang Pisau – Dinas Pertanian Kabupaten Pulang Pisau bersama Kelompok Tani di wilayah setempat menandatangani fakta integritas (kesepakatan) untuk mengelola alat-alat pertanian (Alsintan).

Penandatanganan kesepakatan tersebut dalam rangka mengelola, dan menjaga bantuan hibah dengan sebaik mungkin oleh kelompok tani di daerah itu, di Pulang Pisau, Kamis (13/12/2018).

Kepala Dinas Pertanian Pulpis Slamet Untung Rianto melalui Kabid Prasarana, dan Sarana Pertanian Gopritson mengatakan melalui penandatangan fakta integritas itu agar para petani dapat betul-betul mengelola bantuan hibah itu sebaik mungkin.

“Dengan harapan agar kedepan setiap bantuan yang diserahkan secara lengkap kepada para petani itu selalu dirawat, dan dijaga sehingga tidak ada yang hilang atau tidak diketahui keberadaannya,” katanya didampingi Perwira Penghubung (Pabung) Kabupaten Pulang Pisau Kodim 1011/KLK Kuala Kapuas, Mayor Inf Mulyadi.

Intinya kata Gopritson, penandatanganan bantuan hibah hand traktor kepada para kelompok tani ini agar alsintan yang diberikan tidak diperjualbelikan maupun dialihfungsikan, dan penandatanganan berita acara fakta integrits yang kita buat untuk disetujui oleh seluruh kelompok tani.

Selain tidak menjual belikan lanjut dia, para petani juga diminta untuk bersedia mengelola, merawat, memelihara, menjaga serta mengoptimalkan fungsi barang.

“Kita mengharapkan dengan pertemuan, dan penandatanganan fakta integritas itu, para petani juga harus bersedia mentaati, serta mendukung program pada Dinas Pertanian serta segala aturan dan ketentuan yang ada dengan terkait pengelolaan Alsintan,” kata dia.

Apabila nantinya ada yang melanggar hal-hal yang dinyatakan dalam fakta integritas itu, maka harus bersedia menerima sanksi sesuai dengan ketentuan dan peraturan undang-undangan yang berlaku.

“Salah satu sanksinya yakni akan ada pencabutan kembali pemberian hibah, dan hibahnya akan dialihkan kepada kelompok tani yang lain,” tandasnya.(EF/A1).




One thought on “Distan dan Kelompok Tani Pulpis Tandatangani Fakta Integritas

  1. Rudi hartono

    Kok ngak semua kelompok tani yg ikut menanda tangani,seharusnya bantuan alsintan itu lebih transparan siapa yg dapat klau perlu d pajang d ruangan atau ppn infomasi supaya tidak ada penyalahgunaan SK

    Reply

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *