Besok DPMDes Gelar Pelatihan Aplikasi BUMDes Se-Kabupaten Pulang Pisau | BarselNews

Besok DPMDes Gelar Pelatihan Aplikasi BUMDes Se-Kabupaten Pulang Pisau

Barselnews, Pulang Pisau – Besok Selasa (12/3/2019) Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMDes) Pulang Pisau melaksanakan pelatihan aplikasi Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) se Kabupaten Pulpis.

Demikian disampaikan kepala DPMDes Pulpis, H.M Syaripul Pasaribu SE M.Si kepada BarselNews. Senin (11/3/2019).

Ia mengatakan, penyelenggaraan pelatihan aplikasi Bumdes tersebut sesuai dengan Undang-Undang Nomor 6 /2014 Tentang Desa dan Peraturan Menteri Desa, PDT dan Transmigrasi Nomor 4 /2015 tentang Pendirian, Pengurusan dan Pengelolaan dan Pembubaran Badan Usaha Milik Desa.

“Kita melaksanakan kegiatan ini juga melalui Peraturan Bupati Pulpis Nomor 1/2017 tentang Pedoman Pendirian, Pengelolaan dan Pembubaran Badan Usaha Milik Desa,” kata H.M Syaripul Pasaribu.

Menurutnya, pelaksanaan kegiatan sosialisasi dan pelatihan aplikasi Bumdes ini, merupakan kapasitas BUMDesa dalam mengelola administrasi keuangan yang masih sangat lemah.

Serta, lanjut dia, perlunya tata kelola dan sistem pengadministrasian BUMDesa yang baik, efektif dan transparan.

“Kegiatan ini dilaksanakan bertujuan meningkatkan kemampuan Sumber Daya Manusia (SDM) Pengelola BUMDesa. Dengan harapan terwujudnya tata kelola dan sistem pengadministrasian BUMDes yang baik, efektif dan transparan,” ucap dia.

Selain itu juga diharapkan dapat meningkatkan fungsi pembinaan, pemantauan dan evaluasi dari Pemerintah Daerah terhadap pengembangan manajemen dan SDM Pengelola BUMDesa.

Ia menambahkan kegiatan ini nantinya dilaksanakan selama dua harimulai dari 12-13 Maret 2019 bertempat di Mess Pemerintah Kabupaten Pulang Pisau.

Sementara peserta terdiri dari satu orang orang Pengurus dari total 73 BUMDesa se-Kabupaten Pulang Pisau.

Dan tamu undangan lainnya dari Unsur FKPD, SOPD, Tenaga Ahli, Pendamping Desa dan Pendamping Lokal Desa, Media Masa dan undangan lainnya, yang diperkirakan berjumlah lebih dari 120 Orang.

Sementara, Penyelenggara dan Narasumber langsung dari DPMDes Kabupaten Pulang Pisau, Perbankan (BNI), BPKP Pusat. (EF/A2).




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *