Kepala DPMDes Pulang Pisau Ingatkan Pjs Kades Selalau Berkoordinasi Dengan Camat | BarselNews

Kepala DPMDes Pulang Pisau Ingatkan Pjs Kades Selalau Berkoordinasi Dengan Camat

Barselnews, Pulang Pisau – Kepala Dinas pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMDes) Pulang Pisau, HM Syaripul Pasaribu mengingatkan Pejabat Sementara (Pjs) Kades dalam menjalankan tugasnya agar selalu berkoordinasi dengan camat.

“Pejabat kades kita fungsikan sementara sampai dilaksanakan pemilihan kades serantak pada 18 Desember 2019,” kata Syaripul kepada BarselNews. Kamis (14/3/2019).

Ia pun meminta para Pjs Kades untuk tidak menunggu jika ingin melaksanakan rekrutmen aparatur desa,  karena  mereka bisa melaksanakan kewenanganya untuk perekrutan.

“Intinya jika masa jabatan Aparatur Desa sudah berakhir, Pjs Kades tidak usah menunggu segera dilakukan perekrutan,” jelas dia.

Menurutnya, syarat untuk calon aparat desa minimal berpendidikan SMA Sederajat. Namun untuk perekrutan aparar desa harus melibatkan camat setempat.

Meski Pjs Kades, lanjut dia, ada kewenangan untuk mengangkat dan memberhentikan aparat desa. Namun harus memperhatikan ketentuan serta konsultasi dengan camat.

Ia menambahkan, degnan melibatkan Camat maka dalam menjalankan roda Pemerintahan Desa menjadi sejalan. Apalagi jika melaksanakan perekrutan aparat desa sangat rawan gejolak.

“Saya mengharapkan jika ada Pjs Kades yang melaksanakan rekrutmen, agar selalu berkonsultasi dengan Camat. Sehingga tidak ada kesan melaksanakan dengan tertutup,” tandas dia. (EF/A2).




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *