Legislator Kapuas Minta Penyelenggara Pemilu Segera Tindaklanjuti Pengaduan Dugaan Pelanggaran Pemilu | BarselNews

Legislator Kapuas Minta Penyelenggara Pemilu Segera Tindaklanjuti Pengaduan Dugaan Pelanggaran Pemilu

Barselnews, Kuala Kapuas-Wakil Ketua DPRD Kapuas, Kalimantan Tengah, Robert Linuh Gerung meminta penyelenggara Pemilu, baik KPU, dan Bawaslu di wilayah setempat agar segera menindaklanjuti pengaduan terkait dugaan pelanggaran Pemilu.

“Karena, ada partai yang mengadukan dugaan adanya pelanggaran pemilu di Daerah Pemilihan (Dapil) 3 yang meliputi Kecamatan Kapuas Hilir, Pulau Petak, Kapuas Murung, dan Kecamatan Dadahup,” kata Politisi dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Kapuas itu, di Kuala Kapuas, Minggu (28/4/2019).

Ia menjelaskan, seperti hadirnya pemilih diseluruh TPS pada PPS di ex PLG dengan angka kehadiran 100 persen, dan tanpa ada surat suara yang rusak. Hal itu tentu mengundang pertanyaan besar.

Oleh karena itu ia berharap kepada pelaksana pemilu, baik KPU maupun Bawaslu dapat bekerja dengan jujur sesuai aturan berlaku.

“Apabila terbukti dengan sengaja ada terjadi pelanggaran, maka hukum harus ditegakan karena ancamannya adalah pidana,” ucapnya.

Kemudian lanjut dia, apabila pada PPS yang terbukti terjadi pelanggaran, selain penegakan hukum pidana bagi para pelaku, hasil suara pada PPS tersebut bisa dibatalkan dengan menggelar PSU (Pemungutan Suara Ulang).(JM/A1).




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *