Ketua Komisi IV DPRD Kapuas Pertanyakan Keabsahan Pembentukan BLUD Enam Puskesmas | BarselNews

Ketua Komisi IV DPRD Kapuas Pertanyakan Keabsahan Pembentukan BLUD Enam Puskesmas

Barselnews, Kapuas – Ketua Komisi IV DPRD Kapuas, Lawin mempertanyakan keabsahan pembentukan Badan Layanan Usaha Daerah (BLUD) enam Puskesmas.

Keenam puskesmas yang ditetapkan menjadi BLUD tersebut yakni puskesmas  Anjir, Selat, Melati, Tatas, Lupak dan Puskesmas Palingkau berdasarkan SK per  Januari 2018.

“Alangkah baiknya sebelum menetapkan keputusan diperlukan persiapan dan kajian khusus. Agar tidak hanya menjadi harapan karena target tidak menghasilkan apa-apa,” kata Lawin kepada Barselnews via telepon selulernya. Kamis, 10 Mei 2019.

Ia menjelaskan, sebelum memberlakuan keputusan berkekuatan hukum oleh Pemerintah diperlukan kesiapan dan ketersediaan baik sarana prasarana pendukungnya.

Saat ini, lanjut dia, untuk enam puskesmas yang disiapkan menjadi BLUD tersebut wajib disiapkan terlebih dahulu infrastruktur, bangunan atau gedung,  peralatan medis serta tenaga medis atau dokter  minimal dua orang.

“Kemudian faktor pendukung lain seperti penyebaran peserta BPJS yang sesuai target, ” jelas politisi Partai Hanura ini.

Menurutnya, masing-masing Puskesmas yang masuk BLUD tersebut terdapat perbedaan. Contohnya Puskesmas Kapuas Timur di Anjir Serapat peserta BPJS sudah dominan dan letak posisi pelayanan strategis karena jalur lintas antara Kapuas-Kalsel.

Bertolak dari situ,  perbedaan nyata dengan puskesmas di Kecamatan Pulau Petak yang juga masuk BLUD tapi bagaimana sarana prasarana serta kesertaan BPJS bagi masyarakatnya.

“Baik Pulau Petak sampai Kapuas Murung masih melakukan pelayanan sosial karena minimnya peserta BPJS,” beber dia.

Kecuali nanti, lanjut dia, sesuai dengan program dan visi misi Bupati Kapuas yang akan memberikan pelayanankesehatan gratis kepada masyarakat Kapuas secara umum menjadi peserta BPJS bisa terwujud pelaksanaan BLUD. (DJEMMYNAPOLEON/A2).




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *