Bupati, dan Walikota Diminta Konsentrasikan Pembangunan Pada Bidang Pendidikan | BarselNews

Bupati, dan Walikota Diminta Konsentrasikan Pembangunan Pada Bidang Pendidikan

Barselnews, Buntok-Gubernur Kalimantan Tengah, Sugianto Sabran mengajak kepada Bupati, dan Walikota di provinsi setempat agar mengkonsentrasikan segenap potensi pendidikan, dan sumber daya yang dimiliki dengan menitikberatkan pada pembangunan sumber daya manusia.

Demikian sambutan Gubernur yang dibacakan Bupati Barito Selatan, Eddy Raya Samsuri pada peringatan Hari Jadi ke 62 Provinsi Kalimantan Tengah, dihalaman Kantor Bupati, Buntok, Kamis, 23 Mei 2019.

Ia mengatakan, dalam pembangunan sumber daya manusia itu harus dilandasi karakter yang kuat, keterampilan, dan kecakapan yang tinggi sehingga masyarakat Kalimantan Tengah khususnya generasi milenial mampu menjawab tantangan perkembangan zaman yang semakin kompetitif.

“Mereka juga nantinya akan lebih siap dalam menghadapi perubahan, maupun menyambut setiap peluang yang menyertainya,” ucap dia.

Selain itu ia juga menyampaikan, dalam bidang kesehatan, pemerintah provinsi Kalimantan Tengah telah memberikan kartu JKN Kalteng Berkah kepada 90.582 jiwa, dan membangun rumah sakit tipe A.

Ia berharap dengan meningkatnya penerima kartu JKN, dan bertambahnya fasilitas kesehatan, maka layanan di bidang kesehatan dapat menjangkau seluruh lapisan masyarakat, serta meningkatkan taraf kualitas kesehatan masyarakat.

Oleh karena itu ia menegaskan tidak ada lagi masyarakat tidak mampu yang ditolak pada fasilitas kesehatan yang ada di Kalimantan Tengah ini.

Untuk bidang sarana, dan prasarana dalam pemerataan pembangunan hingga ke pelosok, dan membuka keterisolasian, pihaknya telah melaksanakan pembangunan jalan prioritas (Jalan Provinsi) multi years contrac sebesar Rp 1, 35 triliun yang terbagi dalam tiga wilayah.

“Wilayah timur sebanyak 3 ruas jalan, di wilayah tengah 10 ruas jalan, dan wilayah barat sebanyak 9 ruas jalan,” jelasnya.

Sedangkan dari sisi pendapatan daerah juga mengalami peningkatan cukup signifikan dalam tiga tahun terakhir ini, yakni pada 2016 pendapatan Rp 3,5 triliun, dan meningkat hingga Rp 4,7 triliun pada 2018, dan 2019 ini.

“Untuk laporan keuangan 2018, berdasarkan laporan hasil pemeriksaan (LHP) BPK-RI, Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah berhasil mendapatkan predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP), dan opini ini diraih lima tahun berturut-turut dari 2014 hingga 2018,” demikian kata dia.(BI/A1).




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *