DPRD Barsel Imbau Masyarakat Waspada Penyakit Saat Lebaran | BarselNews

DPRD Barsel Imbau Masyarakat Waspada Penyakit Saat Lebaran

Barselnews, Buntok-DPRD Barito Selatan, Kalimantan Tengah meminta masyarakat mewaspadai penyakit yang bersumber dari makanan atau minuman saat lebaran.

“Masyarakat diminta untuk mewaspadai penyakit yang bersumber dari makanan atau minuman saat lebaran,” kata ketua DPRD Barito Selatan, Tamarzam, di Buntok, Selasa.

Apalagi bagi seseorang yang memiliki penyakit yang bisa kambuh akibat memakan sesuatu yang seharusnya tidak boleh dimakan.

Ia mencontohkan seperti penderita diabetes harus bisa menjaga kadar karbohidrat makanan yang dikonsumsinya sehingga keseimbangan antara karbohidrat dan protein dapat terjaga.

Demikian halnya bagi para penderita tekanan darah tinggi, kencing manis diharapkan jangan memakan makanan yang memiliki kandungan gula yang tinggi maupun makanan yang banyak mengandung lemak seperti daging dan gorengan.

“Karena penyakit seperti hipertensi bisa muncul tiba-tiba akibat pola makan yang tidak dijaga,” ucapnya.

Untuk itu Tamarzam mengimbau kepada masyarakat agar dapat menjaga pola makan demi kesehatan, sebab apalah artinya suasana lebaran apabila kondisi kesehatan terganggu.

Selain itu dia juga mengimbau masyarakat supaya lebih berhati-hati dalam memilih makanan maupun minuman kemasan dan jangan membeli makanan atau minuman yang sudah kadaluarsa.

“Kita juga meminta kepada masyarakat untuk tidak membeli makanan dan minuman kemasan yang tidak mencantumkan masa berlakunya dan hal itu untuk menghindari makanan kadaluwarsa,” pintanya.(BI/A1).




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *