Pemkab Barsel Disarankan Aktifkan Koperasi Pengelolaan Ikan Keramba | BarselNews

Pemkab Barsel Disarankan Aktifkan Koperasi Pengelolaan Ikan Keramba

Barselnews, Buntok-Ketua DPRD Barito Selatan, Kalimantan Tengah, Tamarzam menyarankan agar pemerintah kabupaten setempat supaya mengaktifkan koperasi pengelolaan ikan keramba.

“Karena di daerah ini sangat potensial untuk pengembangan perikanan, mengingat ada beberapa kecamatan yang berada di pinggiran sungai Barito,” katanya, di Buntok, Kamis.

Menurut dia, apabila pengembangan pengelolaan ikan keramba tersebut lebih diaktifkan koperasinya, maka akan memudahkan bagi para petani keramba, baik dalam budidaya, maupun pemasarannya.

“Koperasi tersebut memang sudah ada, namun kurang aktif dalam memfasilitasi sehingga para pembudidaya ikan menjual ikannya secara sendiri-sendiri,” ucapnya.

Hal tersebut tentunya lanjut dia, sangat berpengaruh pada hasil yang didapatkan para petani keramba ikan pada saat panen, dan kalau koperasi lebih aktif tentunya akan bisa menampung, dan memfasilitasi penjualan ikan milik petani.

“Kalau melalui koperasi, harganya sudah bisa ditentukan sehingga para petani ikan tidak dirugikan pada saat menjual ikan dengan jumlah yang besar,” ujar politisi dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Barito Selatan itu.

Selain itu juga kata dia, dengan aktifnya koperasi, maka akan mempermudah bagi pemerintah kabupaten Barito Selatan dalam memberikan bantuan bibit, pakan, dan peralatan lainnya.

Ia juga berharap kepada Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian, dan Perikanan Barito Selatan agar terus membangun kerjasama dengan pengusaha ikan yang ada di daerah lain dengan koperasi yang sudah dibentuk tersebut.

“Kapan perlu membangun kerjasama dengan pengusaha ikan dari provinsi lainnya dalam hal penjualan hasil produksi ikan,” tambah Tamarzam.

Hal tersebut agar mempermudah dalam penjualan ikan milik pembudidaya ikan dibawah naungan koperasi sehingga nantinya akan mampu meningkatkan kesejahteraan para petani ikan di daerah ini.(BI/A1).




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *