Disdukcapil Siapkan 6.000 Keping Blangko Kartu Identitas Anak | BarselNews

Disdukcapil Siapkan 6.000 Keping Blangko Kartu Identitas Anak

Barselnews, Buntok – Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil atau Disdukcapil Barito Selatan menyiapkan 6.000 keping blangko Kartu Identitas Anak atau KIA.

Kabid Pendaftaran Penduduk, Misnawaty N Lambung mengatakan, untuk Barito Selatan KIA baru diterapkan pada awal 2019 ini. Untuk pengadaan blangko KIA dari pihaknya sendiri tidak diberikan secara gratis dari pusat.

“Oleh sebab itu pada tahun tahun ini kita menyiapkan 6.000 keping blangko Kartu Indentitas Anak,” kata Minawaty N Lambung kepada Barselnews. Selasa, 11 Juni 2019.

Ia menjelaskan, pihaknya mulai melaksanakan program KIA ini sesuai dengan instruksi dari Kementerian Dalam Negeri atau Kemendagri. Di mana masyarakat yang memiliki anak berusia di bawah 17 tahun untuk segera membuat KIA.

KIA, lanjut dia, merupakan identitas resmi yang dimiliki anak dan sebagai bukti bahwa berusia di bawah 17 tahun. Serta bertujuan untuk meningkatkan pendataan dan pelayanan publik di tengah masyarakat.

“Serta juga salah satu syarat dalam Penerimaan Peserta Didik Baru atau PPDB untuk anak sekolah mulai dari tingkat TK sampai SLTP,” jelas dia.

Menurutnya, untuk saat ini pihaknya mengutamakan dulu memproses atau mencetak bagi anak-anak yang mau mendafatar sekolah mulai dari TK-SLTP.

Sementara, lanjut dia, untuk anak usia 0-5 tahun permohonannya tetap diproses baru nanti akan dicetak setelah semua anak yang selesai masuk sekolah.

Adapun persyaratan untuk mengurus KIA, fotocopy KTP orang tua, Kartu Keluarga, pas foto anak berwarna ukuran 4×6 dua lembar dan akte kelahiran. Sementara untuk usia 0-5 tahun tanpa foto. (UR/A2).




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *