Bupati Targetkan Kontingen FBIM Barito Selatan Raih Tiga Besar | BarselNews

Bupati Targetkan Kontingen FBIM Barito Selatan Raih Tiga Besar

Barselnews, Buntok – Bupati Barito Selatan, Eddy Raya Samsuri menargetkan kontingen Barsel meraih tiga besar pada ajang Festival Budaya Isen Mulang atau FBIM yang dilaksanakan di Palangka Raya.

”Kita menargetkan kontingen Barsel bisa meraih tiga besar. Bahkan menjadi juara umum,” kata Eddy Raya Samsuri kepada Barselnews usai melepas kontingen FBIM dihalaman kantor Bupati, Jumat, 14 Juni 2019 sore.

Ia berharap semoga target ini bisa dipenuhi oleh kontingen seraya meminta peserta untuk bersemangat dalam mengikuti setiap perlombaan.

Menurutnya, seni dan budaya merupakan nafas kehidupan masyarakat Kalimantan Tengah untuk mengangkat kembali kebudayaan yang hampir punah.

Saat itu, lanjut dia, disebabkan berbagai macam kondisi baik yang bersifat alamiah maupun kesalahan tindakan para pengelola serta ketidak pedulian, ketidak mengertian dan sebagainya.

Karena itu, sangat diperlukan kegiatan perlindungan untuk dapat mencegah kepunahan budaya, salah satunya dengan menggelar kegiatan festival budaya Dahani Dahanai Tuntung Tulus dan mengikuti FBIM setiap tahunnya.

“Kegiatan itu bertujuan melestarikan serta menumbuh kembangkan seni budaya, melestarikan olahraga tradisional masyarakat Dayak, memperkenalkan kearifan budaya lokal dan sebagai wadah bagi seniman untuk menampilkan kreatifitas khas daerah,” jelas dia.

Ia menambahkan, melalui kegiatan ini juga segala bentuk kesenian, olahraga tradisional masyarakat setempat diangkat dan dihidupkan kembali serta ditampilkan sebagai tontonan yang menarik bagi wisatawan.

“Kami berharap keikutsertaan Barsel di ajang FBIM itu berdampak positif bagi pengembangan seni dan budaya, yang berdampak pada kepariwisataan di daerah,” harap dia. (UR/A2).




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *