Pencairan ADD Tahap I Terlambat, Tak Pengaruhi Pilkades Serentak di Barito Selatan | BarselNews

Pencairan ADD Tahap I Terlambat, Tak Pengaruhi Pilkades Serentak di Barito Selatan

Barselnews, Buntok – Meski pencairan Alokasi Dana Desa atau ADD tahap I terlambat. Namun tidak mempengaruhi pelaksanaan Pemilihan Kades atau Pilkades serentak tahun 2019 ini.

Kasi Bina Pengelolaan Keuangan Desa dan Aset Desa DSPMD Barsel, Toni Akhmadi mengatakan, pada tahun ini sebanyak 62 desa dari enam Kecamatan melaksanakan Pilkades serentak.

“Meski pencairan ADD tahap pertama terlambat, namun tidak mempengaruhi Pilkades serentak yang dilaksanakan pada 3 Oktober 2019 mendatang,” kata Toni Akhmadi kepada Barselnews. Kamis, 13 Juni 2019.

Ia menjelaskan, hal tersebut karena tahapan Pilkades serentak mulai dari Mei 2019 ini untuk pendaaannya, Juni-Agustus 2019 tahapan Daftar Pemilih Tetap atau DPT, Agustus-September penjaringan Kepala Desa dan 3 Oktober pencoblosannya.

“Oleh sebab itu keterlambatan pencairan ADD tidak terpengaruh kepada Pemilihan Kepala Desa,” tandas dia.

Menurutnya, keterlambatan pencairan ADD ini dikarenakan menghitung anggaran yang masuk ke APBDes serta Kades definitif barakhir dan dijabat oleg Pj. Sehingga Pj ini yang menyusun APBDes.

Karena, lanjut dia, Kades yang masa jabatannya sudah habis tidak diurus terkait APBDes dimaksud. Oleh sebab itu maka terjadi keterlambatan untuk pencairan ADD dan DD Tahap pertama.

“Keterlambatan ini karena peralihan karena masa jabatan kades berakhir dan digantikan oleh Pj tersebut,” jelas dia.

Sekali lagi dirinya menagaskan, bahwa meski pencairan ADD tahap pertama terlambat pelaksanaan Pilkades serentak tetap berjalan. Karena pada bulan Juni 2019 ini semua desa akan cair semua.

“Serta ada komitmen dengan pemerintahan desa bahwa mereka siap menyiapkan talangan seandainya ADD masih belum cair. Artinya panitia Pilkades tidak kesulitan dalam bekerja,” ucap dia. (UR/A2).




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *