Status Darurat Bencana Karhutla, BPBD Barito Selatan Bentuk TRC dan Bangun Posko | BarselNews

Status Darurat Bencana Karhutla, BPBD Barito Selatan Bentuk TRC dan Bangun Posko

Barselnews, Buntok – Paska ditetapkan status darirat bencana Kebakaran Hutan dan Lahan atau Karhutla, Badan Penanggulangan Bencana Daerah atau BPBD Barito Selatan membentuk Tim Reaksi Cepat TRC dan membangun posko siaga bencana.

Kasi Pencegahan dan Kesiapsiagaan, Asriwati, mengatakan, setelah ditetapkan status darurat tersebut pihaknya langsung mengambil tindaklanjut dengan melakukan pembentukan Tim Reaksi Cepat atau TRC.

Bahkan, lanjut dia, pihaknya juga sudah membangun posko siaga bencana yang pusatnya yang beranggotakan lintas instansi. Terdiri dari jajaran Polres Barsel, Kodim 1012/BTK, Satpol PP dan Damkar, Dinkes, Dinas Sosial PMD kabupaten setempat.

Ia membeberkan, status siaga darurat bencana ini ditetapkan rapat koordinasi dengan pemerintah provinsi, bahwa seluruh kabupaten harus mempersiapkan pencegahan bencana dan berkoordinasi dengan BPBD Kalteng.

“Status siaga darurat bencana ini ditetapkan selama 90 hari kalender atau sekitar 3 bulan, dari 20 Mei-17 Agustus 2019,” kata Asriwati kepada Barselnews. Kamis, 13 Juni 2019.

Ia mengatakan, pihaknya sudah memiliki relawan siaga bencana dan diharapkan untuk setiap desa seyogyanya bisa membentuk relawan pula, termasuk membentuk masyarakat peduli api.

“Jika warga ada melihat titik api, paling tidak mereka dapat menghubungi kami dan kami bisa bergerak cepat menuju ke lokasi kebakaran, sehingga kebakaran bisa segera diantisipasi dan tidak meluas,” ucap dia.

Sementara berdasarkan hasilpemetaan titik rawan, lanjut dia, di Kecamatan Gunung Bintang Awai, lebih tepatnya di Desa Ngurit. Kemudian Kecamatan Dusun Hilir, dan di area jalan menuju Kelurahan Pendang. (UR/A2).




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *