Dewan Sebut Seni Budaya Barito Selatan Perlu Terus Dilestarikan | BarselNews

Dewan Sebut Seni Budaya Barito Selatan Perlu Terus Dilestarikan

Barselnews, Buntok-Ketua DPRD Barito Selatan, Kalimantan Tengah, Tamarzam mengatakan seni, dan budaya di Kabupaten ini perlu dilestarikan.

“Hal tersebut agar seni, dan budaya yang ada di Barito Selatan ini tidak punah,” katanya, di Buntok, Selasa.

Untuk itu ia mengharapkan kepada pemerintah Kabupaten Barito Selatan melalui instansi terkait agar terus berupaya melestarikan budaya tersebut dengan membuat sejumlah kegiatan terkait hal itu.

“Dengan membuat sejumlah kegiatan, maka seni, dan budaya dari nenek moyang itu dapat dilestarikan, sehingga generasi muda bisa mengetahui akan kearifan lokal yang ada di daerah ini,” ucap Tamarzam.

Dirinya juga mengapresiasi dengan dilaksanakannya Festival Dahanai Tuntung Tulus yang dilaksanakan Pemkab Barito Selatan.

Menurut dia, salah satu upaya yang telah dilakukan Pemerintah Kabupaten Barito Selatan agar seni, dan budaya tersebut tidak punah.

“Keikutsertaan Barsel di ajang Festival Budaya Isen Mulang (FBIM) tingkat provinsi Kalimantan Tengah yang sedang dilaksanakan ini, dapat memberikan dampak positif bagi pengembangan seni, dan budaya, dan kepariwisataan di daerah,” ucapnya.

Meskipun demikian kata dia, dinas terkait juga diharapkan dapat terus mencari inovasi, sehingga seni, dan budaya dapat terus berkembang.

“Kita juga meminta kepada dinas terkait agar mempromosikan seni, dan budaya, dan menggali berbagai. objek wisata yang ada di daerah ini ,” kata Politisi dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Barito Selatan itu.

Dengan demikian, maka sektor pariwisata bisa terus menggeliat, sehingga bisa menjadi daya tarik bagi wisatawan domestik maupun mancanegara, dan secara otomatis akan bisa menambah bagi pemasukan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Barito Selatan.(BI/A1).




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *