62 KK Warga Desa Palu Rejo Dapat Bantuan Pembuatan WC Gratis | BarselNews

62 KK Warga Desa Palu Rejo Dapat Bantuan Pembuatan WC Gratis

Barselnews, Buntok – Pemerintah Desa Palu Rejo menganggarkan Rp 74 anggaran dari Dana Desa (DD) untuk pembangunan Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM). Hal tersebut salah satu upaya untuk menjadikan desa bebas BAB sembarangan.

Pj Kades Palu Rejo, Gemagalgani Sani S.Sos mengatakan, pihaknya bertekad agar menjadi desa Palu Rejo bebas BAB sembarang dengan menganggarkan Rp 74 juta untuk pembuatan WC gratis.

“Sebanyak 62 Kepala Keluarga kita bantu untuk pembangunan atau pembuatan WC gratis,” kata Gemagalgani Sani kepada Barselnews, Sabtu, 22 Juni 2019.

Pihaknya pun, lanjut dia, menyiapkan dana stimulan dari anggaran Dana Desa untuk membantu masyarakat membangun WC.

Ia menjelaskan, untuk tahun ini pihaknya hanya bisa membantu 62 warga dengan nilai Rp 1.197.000 per Kepala Keluarga.

Padahal, lanjut dia, ada sekitar 120 rumah di Desa Palu Rejo yang tersebar di21 RT belum memiliki WC. Untuk itu pihaknyabarharap bantuan dari pihak ketiga agar 100 persen warga memiliki WC.

“Sebanyak 62 warga yang mendapatkan bantuan tersebut sifatnya stimulan untuk membangun WC, seperti kloset, semen, pipa, pasir dan gorong – gorong dengan syarat warga sudah menyiapkan galian lubang, ” jelas dia.

Ditempat yang sama, Pengelola Program Kesling Puskesmas Patas, Widayanti, SKM, mengatakan, sesuai dengan program pihaknya dalam memfasilitasi seluruh Desa yang ada di Wilayah Kerja Puskesmas Patas untuk Basno.

“Kami memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya atas upaya yang dilakukan oleh Pemdes Desa Palu Rejo dan juga berharap agar Desa Palu Rejo bisa segera deklarasi Bebas dari BAB Sembarangan,” ucap dia. (UR/A2).




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *