PPDB Sistem Zonasi, Orang Tua Wali Murid Kerepotan | BarselNews

PPDB Sistem Zonasi, Orang Tua Wali Murid Kerepotan

Barselnews, Buntok – Penerimaan Peserta Didik Baru atau PPDB menggunakan sistem zonasi, sebagian orang tua wali murid mengaku repot memasuki anaknya sekolah.

“Kita yang dari desa sangat repot mengurus masuk anak sekolah karena menggunakan sistem zonasi ini,” kata salah satu warga DesaPanarukan Erdianson kepada Barselnews, Rabu, 10 Juli 2019.

Ia membeberkan, agar anaknya dapat masuk SMA terpaksa harus mengeluarkan data anaknya dari Kartu Keluarga selanjutnya memasukan kedalam KK salah satu keluarga di Kota Buntok.

Jika tidak dilakukan, lanjut dia, maka anaknya tidak bisa masuk SMA tersebut. Menurutnya penerapan sistem zonasi ini sangat menyulitkan pihaknya yang dari desa.

“Yang jadi masalah jika tidak ada keluarga di Kota Buntok otomatis tidak bisa memasukan data anak kedalam KK. Akibatnya tidak bisa sekolah, sementara di Desa belum ada SMA,” ucap dia.

Menurutnya, hal ini bisa merugikan sebab di desa-desa barito Selatan bisa dihitung dengan jari yang memiliki sekolah SMA. Lantaran menggunakan sistem ini salah-salah anak-anak tidak bisa melanjutkan sekolah.

Sementara itu Wakil Kepala SMKN 1 Buntok, Eddy Kristiono mengatakan, sekolah pihaknya tidak menerapkan sistem zonasi. Hal ini dilakukan karena penyebaran SMK tidak merata.

“Tidak semua Kecamatan memiliki SMK hanya sebagian yang memilikinya. Meski ada namun jurusan berbeda. Hal itulah yang membuat pihaknya tidak menerapkan zonasi,” beber dia. (U/A2).




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *