Bupati Kapuas Ajak Masyarakat Lestarikan Bahasa Dayak | BarselNews

Bupati Kapuas Ajak Masyarakat Lestarikan Bahasa Dayak

Barselnews, Kapuas-Bupati Kapuas Ir Ben Brahim S Bahat, MM,MT mengajak masyarakat di wilayah setempat agar melestarikan bahasa suku dayak sebagai indentitas jati diri.

“Bahasa Dayak harus dilestarikan, dan diperkenalkan kepada generasi muda, dan jangan sampai bahasa ibu ini terkikis, dan termakan oleh waktu dan perkembangan zaman,” katanya saat pengukuhan pengurus Dewan Adat Dayak (DAD) Kapuas, di Kuala Kapuas, Kamis, 11 Juli 2019.

Ia mengajak kepada orang tua supaya mengajarkan bahasa dayak kepada anak-anak di rumahnya masing-masing, karena ini merupakan warisan budaya yang harus dilestarikan.

“Saya saja dirumah selalu berkomunikasi dengan anak menggunakan bahasa dayak, dan itu dilakukan agar mereka tidak pernah melupakan bahasa ibu,” ucapnya.

Karena itu lanjut orang nomor satu di Bumi Tingang Menteng Panunjung Tarung ini, jangan sampai bahasa Dayak terlupakan, dan hilang karena tidak pernah berkomunikasi didalam keluarga menggunakan bahasa dayak.

“Karena ini merupakan kearifan lokal, dan itu harus kita lestarikan, dan kita minta agar penerapan muatan lokal di sekolah agar bahasa Dayak dapat diajarkan disekolah,” pinta Bupati.

Ini merupakan komitmen dari Dewan Adat Dayak (DAD) menjaga kearifan lokal, dan disamping itu juga suku Dayak harus menghargai suku lainnya yang ada di daerah ini, karena kita semua bersaudara.

“Mari kita bersama menjaga kerukunan antar suku, dan umat beragama yang selama ini sudah terjaga dengan baik,” pungkasnya.(Djemmy Napoleon/A1).




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *