Kedatangan Ketua DAD Provinsi ke Kapuas Disambut Ritual Adat Pantan Sumpung | BarselNews

Kedatangan Ketua DAD Provinsi ke Kapuas Disambut Ritual Adat Pantan Sumpung

Barselnews, Kapuas – Kedatangan ketua Dewan Adat Dayak (DAD) Provinsi Kalimantan Tengah Agustiar Sabran ke Kuala Kapuas disambut ritual adat pantan sumpung dan injak telur serta tampung tawar.

Kedatangan ketua DAD yang mengenakan busana hijau putih didampingi Tuty Dau dan rombongan disambut Bupati Kapuas Ir Ben Brahim S Bahat beserta Ketua TP-PKK Ary Egahni.

Mantir adat, Sulatin mengatakan, ritual adat pantan sumpung melepas semua permasalahan di dalam hidup dimasa lalu.

“Pantan sumpung harus dibuka dengan menginjak telur untuk memulai hidup baru dengan tekad yang bulat untuk bersatu padu,” kata Sulatin.

Kemudian dilanjutkan dengan mamapas menggunakan daun lengkaung papas dan lengkaung gagar dan air ketan nasi itu ada artinya membuang hal buruk, baik yang disambut mau pun yang menyambut.

Dilanjutkan dengan tampung tawar merupakan ritual yang mengandung makna kebulatan tekad yang satu yang dicampur dengan air dan minyak wangi. Karena tidak ada yang tidak suka dengan wangi, sehingga acara yang kita laksanakan berbau harum dan wangi.

“Simbolnya ada kesepakatan agar jauh lebih baik dan bermanfaat bagi kita sendiri serta orang lain terutama untuk kampung halaman,” timpalnya. (DJEMMY NAPOLEON/A2).




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *