Blangko e-KTP Habis, Disdukcapil Barito Selatan Gunakan Surat Keterangan | BarselNews

Blangko e-KTP Habis, Disdukcapil Barito Selatan Gunakan Surat Keterangan

Barselnews, Buntok- Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil atau Disdukcapil Barito Selatan terpaksa menggunakan Surat Keterangan atau Suket bagi warga yang mengurus KTP.

“Kita terpaksa menggunakan atau memberikan surat keterangan kepada masyarakat bagi masyarakat yang mengurus e-KTP. Hal ini dilakukan karena blangkonya habis,” kata Kepala Disdukcapil Barsel, Nyamei Tumbai kepada Barselnews, Senin 22 Juli 2019.

Setelah blangko KTP datang, lanjut dia, maka Suket tersebut akan diambil dan diganti dengan fisik e-KTP.

Ia menjelaskan, suket untuk pengganti KTP ini diberikan dengan masa waktu berlaku hanya 6 bulan, sambil menunggu blangko KTP datang untuk bisa digantikan dengan KTP yang berlaku.

Jika masa berlaku suket ini habis KTP belum keluar, lanjut dia, maka segera melapor ke pihaknya sampai blangko KTP ada.

Ia membeberkan, pihaknnya telah mengusulkan untuk pembuatan blangko KTP di daerah. Namun, tidak disetujui mekanismenya tetap harus melewati Pusat yang diwakili Provinsi.

Sementara bagi yang kekurangan blangko KTP hanya mendapatkan jatah 500 keping dari pemerintah pusat itupun diserahkan melalui Provinsi.

Ia menambahkan, untuk mengantisipasi hal tersebut pihaknya diperbolehkan memberikan surat keterangan sebagai pengganti KTP.
“Saat ini kita memberikan suket sebagai pengganti KTP untuk mengatasi pemohon sampai blangko KTP ada,” ucap dia. (U/A2).




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *