Program Inovasi Desa Percepat Akselerasi Pembangunan Desa | BarselNews

Program Inovasi Desa Percepat Akselerasi Pembangunan Desa

Barselnews, Buntok Program Inovasi Desa atau PID percepat akselerasi pembangunan Desa. Demikian disampaikan kepala DSPMD Barsel, Supriadi AS kepada Barselnews, Senin, 22 Juli 2019.

Ia mengatakan, PID merupakan salah satu kunci keberhasilan dan efektivitas dari pelaksanaan program Dana Desa, karena keterkaitannya dengan program-program yang ada di tingkat kabupaten, provinsi hingga pusat.

Menurutnya, PID adalah pendampingan yang dilakukan oleh pendamping desa untuk mendorong pemanfaatan DD lebih berkelanjutan. Serta sebagai upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa sendiri.

Ia juga menyebutkan, efektivitas dan sinkronisasi program DD dengan program pemerintah daerah lainnya pun sangat penting.

“Sehingga perlunya koordinasi dan kolaborasi antar pihak desa dengan kabupaten atau bahkan pemerintah provinsi. Seperti potensi wisata, apabila dikelola dengan baik maka bisa mendatangkan kegiatan ekonomi masyarakat,” beber Supriadi kepada Borneonews, Senin 22 Juli 2019.

Ia menjelaskan, tujuan dari PID untuk membuat inkubasi agar masyarakat desa membuat inovasi-inovasi dalam penggunaan DD dalam rangka peningkatan sumber daya manusia dan ekonomi yang sesuai dengan potensi masing-masing.

“PID hadir sebagai upaya mendorong peningkatan kualitas pemanfaatan DD dengan memberikan rujukan inovasi pembangunan desa,” jelas dia. (U/A2).




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *