Ini Upaya Yang Telah BPBD Lakukan Tangani Karhutla | BarselNews

Ini Upaya Yang Telah BPBD Lakukan Tangani Karhutla

Barselnews, Kapuas – Upaya yang sudah dilakukan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kapuas dalam menghadapi Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla).

“Upaya yang sudah kita lakukan mendirikan posko induk, pos lapang, patroli, Satgas dan relawan kira full di lapangan untuk bersinergi siaga karhutla,” kata Kepala Pelaksana BPBD Kapuas, Panahatan Sinaga, Jumat, 13 September 2019.

Ia mengatakan, melihat kinerja tim terpadu dilapangan tidak mengenal lelah dan waktu kapan ada kejadian baik siang sore dan malam hingga pagi berjibaku memadamkan api.

Kesulitan yang di hadapi saat ini ketersediaan air pada saat melakukan pemadaman api dilokasi kejadian dimana medan yang dilintasi tidak bisa menggunakan kendaraan roda dua,tiga dan empat untuk sampai ditempat kejadian.

“Petugas yang masuk ke lokasi kebakaran hanya bemodalkan ranting kayu untuk memadamkan api dengan cara memukul.Karena air tidak tersedia dilokasi tertentu jauh dari jangkauan sumber air,” beber dia.

Nah, dari kondirsi seperti menjadi laporan pihaknya untuk mendapat bantuan satu unit helokopter untuk waterbombing.dimana sudah disurvei lokasi penampatan untuk standbay apa bila diperlukan pemadaman api titik terjauh yang tidak bisa di jangkau melalui darat.

“Kita sudah mengajukan permohonan untuk bantuan waterbombing, lokasinya sudah ada di kecamatan Kapuas Murung. Nantinya diperlukan daerah yang sulit dijangkau,” tutup dia. (DJEMMY NAPOLEON/A2).




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *