Karhutla di Kapuas Didominasi Lahan Pertanian | BarselNews

Karhutla di Kapuas Didominasi Lahan Pertanian

Barselnews, Kapuas – Kebakaran Hutan dan Lahan(Karhutla), di Kabupaten Kapuas beberapa minggu terakhir didominasi kebakaran lahan pertanian.

Kepala pelaksana BPBD Kapuas, Panahatan Sinaga mengatakan, sampai saat ini luasan area lahan yang terbakar dari Januari hingga September 2019 sekitar 440.55 hektar dengan jumlah kebakaran sebanyak 60 kejadian dan titik api terpantau 1.759.

“BPBD bersama tim terpadu melakukan upaya pemadaman darat sebanyak 44 kali dan melalui udara sebanyak 7 kali dengan cara waterbombing menggunakan heli kopter,” kata Panahatan Sinaga kepada awak media, Jumat, 13 September 2019.

Menurutnya, beberapa hari terakhir ini suhu di Kapuas cukup panas didominasi oleh lahan persawahan yang terbakar dibeberapa desa diantaranya Desa Batuah kecamatan Basarang, Desa Dadahup kecamatan Dadahup dan Kelurahan Panamas kecamatan Selat.

“Memang penanganan di Desa Batuah cukup signifikan, tetapi seluruh titik yang terjadi kebakaran sudah tertangani,” beber dia.

Ia berharap agar seluruh masyarakat bersama-sama untuk menjaga lahan terutama lahan pertanian yang baru selesai di panen. Karena sangat rentan memicu terjadinya kebakaran dan meluas akibat sekam yang ditiup angin.

“Perlu keterlibatan masyarakat agar menjaga khususnya lahan pertanian yang baru selesai panen,” pungkasnya. (DJEMMY NAPOLEON/A2).




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *