Polisi Amankan Dua Terduga Pelaku Pembakar Lahan di Tempat Berbeda - BarselNews

Polisi Amankan Dua Terduga Pelaku Pembakar Lahan di Tempat Berbeda

Barselnews, Kapuas – Jajaran Kepolisian Polres Kapuas mengamankan dua orang terduga pelaku pembakar lahan dan hutan dari tempat berbeda. Hal tersebut terungkap saat konferensi pers Polres Kapuas. Jumat, 20 September 2019.

Konferensi pers tersebut dipimpin langsung Kapolres Kapuas, AKBP Tejo Yuantoro didampingi Dandim 1011 KLK Letkol Kav Bambang K Buono, Kabag OPS AKP Iqbal Sengaji dan Kasat Reskrim AKP Sony Risky.

Dalam keterangan persnya Kapolres Kapuas mnyampaikan, bahwa pihak berhasil mengamankan pelaku pembakar hutan dan lahan di Dusan Tanjung Jaya, Desa Murui Raya, kecamatan Mantagai berinisial SK (64) warga Dusun Banyu Urip kecamatan Mantangai.

Pada saat penangkapan petugas sedang melakukan patroli kedepatan pelaku sedang dan sesudahnya melakukan aktivitas pembersihan lahan perkebunan dengan cara membakar menggunakan korek api untuk menanam kelapa sawit dan sayur.

“Akibat perbuatan hingga terjadi kebakaran lahan seluas 1 hektar,” kata Tejo Yuantoro.

Sedangkan pelaku kedua berinisial Z (42) warga Desa Pulau Telo Baru Rt 05 kecamatan Selat, dengan tempat kejadian Jalan Jepang dengan maksud menanam jangung yang berakibat pada kebakaran lahan seluas 120 meter persegi.

“Dari tersangka pihaknya mengamankan barang bukti berupa kayu yang sudah terbakar dan korek api yang di gunakan para tersangka untuk membakar areal perkebunan,” imbuhnya.

Sebagai bukti keseriusan Polres Kapuas terhadap pelaku Karhutla diterapkan pasal 108 junto pasal 69 ayat 1 huruf H UU RI no 32 tahun 2009 tentang pelindungan dan pengelolaan lingkungan Hidup atau pasal 187 ayat 1 KUHP atau pasal 188 KUHP.

“Untuk mempertagung jawabkan perbuatannya atau pun siapa yang dengan sengaja membakar lahan di jerat dengan hukumam maksimal 10 tahun penjara dengan denda 3 miliar,” tandas dia. (DJEMMY NAPOLEON/A2).




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *