235 Calon Kades di Barsel Ikuti Deklarasi Damai Pilkades Serentak - BarselNews

235 Calon Kades di Barsel Ikuti Deklarasi Damai Pilkades Serentak

Buntok, Barselnews-Sebanyak 235 calon kepala desa di Kabupaten Barito Selatan, Kalimantan Tengah yang mengikuti pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak di 62 Desa di wilayah setempat mengikuti deklarasi damai.

Berdasarkan Pantauan Barselnews, di Buntok, Rabu, selain melaksanakan deklarasi damai, calon kepala desa beserta panitia desa juga melaksanakan penandatanganan fakta integritas, dan mengikuti sosialisasi cara pencoblosan, dan pengamanan pilkades.

Bupati Barito Selatan, Eddy Raya Samsuri dalam sambutannya mengatakan, deklarasi damai ini merupakan wujud komitmen bersama semua pihak dalam menciptakan kondisi pelaksanaan pilkades yang damai, kondusif, dan jauh dari perselisihan, keributan, huru hara yang tidak sejalan dengan semangat Huma Betang.

Kegiatan ini juga merupakan implementasi dari Peraturan Daerah (Perda) Barito Selatan Nomor 8/2018, tentang perubahan atas Perda Nomor 6/2015 tentang pelaksanaan pemilihan kepala desa secara serentak, dan implementasi dari perda Nomor 9/2018 tentang perda nomor 7/2015 tentang tata cara Pilkades.

“Deklarasi, dan sekaligus sosialisasi tata cara pencoblosan, dan sistem pengamanan pilkades ini dalam upaya meningkatkan kualitas penyelenggaraan pilkades, dan kepatuhan terhadap hukum perundangan undangan tentang pelaksanaan Pilkades,” kata Eddy Raya Samsuri.

“Karena, kegiatan ini dalam upaya untuk memberikan bekal ilmu pengetahuan, dan wawasan yang dapat menjadi pedoman bagi calon kepala desa, Badan Permusyawaratan Desa (BPD), dan panitia penyelenggara Pilkades guna menghindari terjadinya praktik-praktik penyelenggaraan pilkades yang tidak sesuai dengan ketentuan perundangan undangan yang berlaku,” ujarnya.

Pada kesempatan itu, Bupati mengajak kepada masyarakat Barito Selatan supaya turut serta dalam mendukung proses pilkades serentak periode 2019-2025 yang akan dilaksanakan pada 3 Oktober 2019 mendatang.

“Ayo mencoblos, jangan golput. Saya meminta kepada masyarakat supaya tetap menjaga stabilitas politik dan tidak mudah percaya dengan isu-isu, serta hasutan yang bisa mengancam perpecahan di masyarakat,” pinta bupati.

Sementara mewakili ketua panitia Pilkades Barito Selatan, Jumadi menyampaikan untuk jumlah peserta yang menghadiri kegiatan ini sebanyak 885 orang yang terdiri dari 235 calon kepala desa, 42 orang panwas kecamatan, 558 orang panitia pilkades tingkat desa, 62 orang ketua BPD, 12 orang Koramil, dan Kapolsek, serta 6 orang camat.

Sedangkan narasumber dalam kegiatan sosialisasi ini yakni Kapolres, bagian hukum Setda Barito Selatan, dan dari bagian pemerintahan Setda Barito Selatan.

Kegiatan ini dimaksudkan untuk menyamakan persepsi antara calon kepala desa dengan panitia pilkades yang tujuannya penguatan dalam rangka mewujudkan Pilkades yang didasarkan pada asas penyelenggaraan pemerintahan yang baik, dan sejalan dengan yang diamanatkan Undang-Undang Nomor 6/2014 tentang desa.(BI/A1).




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *