Hasil Penjualan Ikan di BBI Desa Gohong Capai Rp 70 Juta - BarselNews

Hasil Penjualan Ikan di BBI Desa Gohong Capai Rp 70 Juta

Barselnews, Pulang Pisau – Hasil penjualan ikan di Balai Benih Ikan (BBI) di Desa Gohon, Kecamatan Kahayan Hilir, Kabupaten Pulang Pisau mencapai Rp 70 juta.

“Hasil penjualan ikan di BBI Desa Gohong per hingga Oktober 2019 ini mencapai Rp 70 juta,” kata Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Pulpis, Risduansyahrani melalui Kasi Pengembangan Kawasan Budidaya, Rambang kepada Barselnews, Selasa, 8 Oktober 2019.

Ia membeberkan, BBI di Desa Gohong memiliki 6 jenis ikan. Dari jumlah tersebut 4 jenis ikan yang sudah di kawinkan atau dipijah yakni Ikan Patin, Nila, Pepuyu dan Ikan Lele.

Sementara, lanjut dia, untuk dua jenis ikan gurame dan jelawat masih belum dikawinkan. Hal tersebut dikarenakan pengadaan induk ikannya baru ditahun 2018.

“Untuk dua jenis ikan ini akan dikawinkan pada tahun 2020 mendatang. Dan perkembangan ikan Gurame dan Ikan Jelawat ini terus kita pantau, jika sudah siap maka akan segera dilakukan pemijahan,” beber dia.

Ia membeberkan, ikan terbanyak terjual yakni ikan Nila mencapai 200.000 ekor hingga oktober 2019. Dan menghasilakan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Rp 70 juta.

Pada tahun sebelumnya, lanjut dia, hasil penjualan ikan per Desember 2018 mencapai Rp 91 juta.

“Kita optimis pada tahun 2019 ini target penjualan ikan akan tercapai,” ucap dia.
Menurutnya, adanya penurunan hasil penjualan dikarenakan pengaruh musim kemarau. Sehingga hanya beberapa jenis ikan yang mampu menghasilkan. Karena di BBI ada beberapa ikan tergantung dengan musim.

“Contohnya patin tidak bisa kita pijah pada musim kemarau. Namun apabila musim penghujan baru bisa dipijah. Termasuk juga ikan pepuyu,” jelas dia.

Oleh sebab itu, sambung dia, yang lebih menonjol dan banyak menghasilkan pemasukan daerah di musim kemarau penjualan ikan Nila yang penjualannya tembus 200.000 ekor.

Ia menambahkan, di tahun 2020 mendatang pihaknya akan lebih memfokuskan untuk ikan Gurame dan ikan Jelawat untuk dipijah. Sehingga akan data penambahan jenis komoditas baru di BBI Gohong serta mendongkrak pemasukan daerah. (SENDRI/A2).




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *