Dinas Pertanian Pulang Pisau Gelar Temu Lapangan Petani di Jabiren Raya - BarselNews

Dinas Pertanian Pulang Pisau Gelar Temu Lapangan Petani di Jabiren Raya

Barselnews, Pulang Pisau – Dinas pertanian Pulang Pisau melaksnakan Temu Lapangan Petani atau Farmers Field Day dengan penyuluh pertanian WKBPP Kecamatan Jabiren Raya. Pada Jumat, 11 Oktober 2019.

Kepala Distan Pulpis, Slamet Untung Rianto melalui Kabid Penyuluhan, Paridah Ernawati mengatakan, kegiatan ini dilaksanakan merupakan salah satu upaya mendukung pencapaian pembangunan BPP dan pembangunan SDM pertanian.
Agar lanjut dia, terwujudnya SDM proporsional dan mandiri, berdaya saing untuk mewujudkan kedaulatan pangan dan kesejahteraaan petani .

Ia pun mengharapkan, agar kegiatan dilaksanakan bisa dimanfaakan sebaik baiknya. Serta peran serta penyuluh ditiap desa untuk membantu para petani, agar lebih sejahtera dan bisa mempasilitasi kendala yang dihadapi para petani.

“Peran serta para penyuluh sangat penting untuk keberhasilan para petani. Karena saat ini di Pulpis seluruh desa sudah ada penyuluh. Tinggal bagaimana mereka menerapkan ilmunya kepada petani, peternak, dan perkebunan. Oleh sebab itu kita menyarakan kedepan penyuluh pertanian akan ditingkatkan SDM nya,” kata Paridah Ernawati, Sabtu 12 Oktober 2019.

Sementara itu Kepala BPP Jabiren Raya, Mambang, mengapresiasi kegiatan Temu Lapangan yang dilaksanakan ini untuk kedua kalinya mengundang petani se WKBPP Jabiren Raya, PPL, KTNA dan Dinas Pertaniaan Kabupaten Pulpis.

“Kegiatan ini sebagai salah satu sarana pemberdayaan masyarakat petani, melalui pertemuaan ini antara petani, peneliti, dan PPL saling tukar informasi terkait teknologi yang ditetapkan,” jelas dia.

Dalam kegiatan tersebut, lanjut dia, pihaknya juga turun kelapangan menerapkan adaptasi teknologi spesifik lokal yang pola sistem terpadu. Misalnya mengkombinasikan tanaman pangan terpadu multikultural ternak dan ikan.

Serta memaparkan realisasi program pendampingan kepada petani, PPL, dan penyusunan rencan tindak lanjut (RTL) oleh petani.

“Untuk hasil pertanian t cukup berhasil, bahkan kemarin kita telah panen lombok, terong, pare, bawang merah, timun dan kacang dengan hasil memuaskan,” beber dia.

Keberhasilan tersebut, lanjut dia, berkat bimbingan para penyuluh lapangan. Kedapannya akan meningkatkan program untuk penghasilan petani. (SENDRI/A2).




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!