Legislator Pulpis Duga Gas Elpiji Langka Lantaran Dibawa Keluar Daerah - BarselNews

Legislator Pulpis Duga Gas Elpiji Langka Lantaran Dibawa Keluar Daerah

Barselnews, Pulang Pisau-Anggota DPRD Pulang Pusau, Kalimantan Tengah, Edvin Mandala menduga langkanya gas elpiji ukuran tabung 3 kilogram di daerah itu lantaran dibawa keluar daerah.

“Langkanya gas elpiji ukuran tabung 3 kilogram yang seharusnya peruntukannya untuk Kabupaten Pulang Pisau itu diduga ditimbun, dan disuplai ke daerah lain oleh oknum yang tidak bertanggung jawab,” katanya, di Pulang Pisau, Rabu.

Ia menegaskan, gas elpiji yang mengalami kelangkaan ini bisa terjadi karena dilarikan ke kecamatan lain atau dilarikan ke luar Kabupaten Pulang Pisau.

Menurut dia, seharusnya harga gas elpiji ukuran tabung 3 kilogram itu ditetapkan pemerintah dengan harga Rp 18 ribu, dan kini sudah melambung menjadi Rp 35 ribu hingga Rp 37 ribu per tabungnya.

Selain itu ia juga mengatakan bahwa kelangkaan ini juga terjadi karena tidak semua Kecamatan di Kabupaten ini memiliki pangkalan.

“Seharusnya, PT Migas harus akurat menghitung tingkat penggunaan per KK/ bulan,” tegas pria yang juga menjabat sebagai Ketua DAD Kabupaten Pulpis ini.

Kalau tidak, tegas Edvin, kejadiannya akan tetap berulang seperti yang terjadi sekarang ini, dan seandainya terjadi gas yang ada dilarikan ke luar Kabupaten, dan itu harus ambil tindakan tegas.

Ia juga meminta kepada Disperindagkop maupun penegak hukum supaya menindak tegas apabila melanggar hukum.

“Karena perhitungan suplay gas elpiji ke Pulang Pisau ini berdasarkan jumlah Kepala Keluarga (KK), dan ini hak masyarakat Pulpis dan bukan hak masyarakat luar kabupaten Pulang Pisau,” jelasnya.

Seandainya ada Kecamatan yang belum ada izin pangkalan, diharapkan kepada pemerintah desa di wilayah itu bisa membuat Badan Usaha Milik Desa (BUMDes), namun yang jadi pertanyaan apakah ada penambahan jatah untuk Pulang Pisau apabila BUMDes menjalankan usaha tersebut.(Sendri/A1).




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *