Dinas KPP Barito Utara Tebar Benih Ikan Setiap Enam Bulan Sekali - BarselNews

Dinas KPP Barito Utara Tebar Benih Ikan Setiap Enam Bulan Sekali

Barselnews, Muara Teweh-Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan (KPP) Barito Utara, Kalimantan Tengah akan melakukan penebaran benih ikan setiap enam bulan sekali sebagai upaya untuk menjaga populasi ikan di wilayah setempat.

Plt Kadis KPP Barito Utara Ir Sugeng mengatakan penebaran bibit ikan tersebut sebagai tindak lanjut dari arahan dari Bupati Barito Utara untuk melakukan restocking dibeberapa perairan seperti danau butong, Dam Terinsing, Dam Trahean dan di sungai Barito.

“Hal ini dilakukan dalam rangka agar ikan-ikan di daerah kita tidak punah begitu saja akibat kegiatan illegal fishing tersebut,” katanya, di Muara Teweh, Jumat 22 November 2019.

Oleh karena itu, dalam menjaga populasi ikan, pihaknya akan menabur bibit ikan setiap enam bulan sekali di perairan di daerah ini.

Selain itu ia juga mengatakan, bahwa musim kemarau yang berkepanjangan ini juga akan berdampak terhadap ekonomi masyarakat terutama usaha-usaha di bidang perikanan mengalami penurunan.

“Kita berupaya menggenjot agar sektor tersebut terus mengalami peningkatan dalam 1,5 bulan kedepannya,” kata dia.

Karena produktifias benih dibeberapa Balai Benih Ikan (BBI) yang ada di Kabupaten Barito Utara terus mengalami peningkatan. Seperti, kata dia, di BBI Lahei ada sekitar 6 ribu ekor gurami dalam waktu satu bulan lalu, di BBI Trinsing ada ikan nila, ikan mas dan ikan-ikan lainnya, serta di Dinas KPP ada ikan nila dan ikan lele.(DN/A1).




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *